Animated Pink Pencil
Assalamualaykum.. Ahlan Wa Sahlan, Kawan Blogger di seluruh alam semesta ini! :D

Rabu, 12 Februari 2014

Yuk Nulis!

Assalamualaykum...!

 

Duh, sudah lama nih, Yunda gak ngepost blog. Soalnya sibuk terus sih, hehehe.

Terakhir itu,, pas 1 Januari 2014. Wah, lama juga ya. Sekarang Yunda pengen ngepost ah!

Ya, langsung ke pokoknya aja lah!

 

Penulis

Siapa yang ingin jadi penulis?? (Akuuuu!!!) Hehehe..

Nah, menurut kamu, menulis itu susah gak sih? Hmm... Mungkin sebagian ada yang berpendapat susah atau mudah. Kalu menurut Yunda sih, gampang-gampang susah. Kalian harus punya ide dulu kalu mau nulis. *ya iyalah! Nah, siapa yang mau belajar menulis? Yuk nelajar bareng! Menulis itu gak susah-susah banget kok! Ukelah, Yunda bagi tips buat menulis nih. Simak langkah-langkahnya, ya! ^_^

 

~First: Kamu bingung mau nulis apa? Gak usah bingung-bingung! Yunda tanya dulu, pengalaman apa  yang pernah kalian alami? Apakah pengalaman yang mengharukan, menyenangkan, menyedihkan, atau bahkan memalukan? Hihihi... Nah, dari pengalaman itu, kamu bisa buat sebuah ide cerita. Tokohnya bisa kamu sendiri, atau kamu ganti dengan tokoh khayalamu.

~Second: Catatlah hal-hal pokok dari ceritamu. Misalnya tokoh. Itu biar kamu gak lupa. Tapi, kalu daya ingatmu tinggi, superb, good, uke, joz gandos, sih gak usah ditulis juga gak apa-apa.

~Third: Rangkailah ide-idemu menjadi sebuah cerita. Maksudnya, kamu buat kata-kata dari sebuah pengalamanmu seperti cerita.

~Next: Alangkah bagusnya, kamu gunakan bahasa yang baku. Ya, tapi gak baku-baku banget sih. ya,, setengah-setengah baku gitu deh.*kalu bahasa ini sih, gak baku. Jangan pake bahasa yang ini yah!

Oya, kamu juga harus periksa tanda baca dan EYD-nya juga.

~Finally: Uke, biar karyamu makin cemerlang, sebaiknya, kamu ikut bergabung di komunitas penulis. Ada juga komunitas penulis anak-anak, seperti:

bobo.kidnesia.com

kidnesia.com

girls.kidnesia.com

Daan masih banyak lagi. Kamu juga bisa ikut lomba-lomba cipta cerpen. Misalnya kirim naskah ke penerbit. Tentu sangat menyenangkan ya, kawan!

Oke, cukup itu saja dariku. Sampai jumpa besok!

Wassalamualaykum...! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar